Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Catat dan Amalkan, Ini Doa agar Terhindar dari Bencana Mendadak

Minggu, 27 September 2020 | September 27, 2020 WIB Last Updated 2020-09-28T03:25:25Z

Dengan berdoa, seorang Muslim akan lebih dekat dengan Allah. (Foto : freepik.com)

Hallotangsel.com, Jakarta 
- Sebagai insan beriman, memanjatkan doa merupakan bukti kita selalu mengharapkan kehadiran sang pencipta sebagai penolong, termasuk saat bumi berpotensi mengalami peristiwa alam yang merusak atau disebut bencana alam.


Dengan berdoa, berarti kita telah melibatkan Allah sebagai satu-satunya pelindung pada saat terjadinya bencana.


Ada beberapa doabyyang diberitahukan oleh hadits Rasulullah, seperti doa menghindari bencana.


1. Doa Menghindari Bencana dan Musibah


بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ


Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis samaa’i wahuwas sami’ul alim


Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui.”


Doa ini berasal dari hadis riwayat Imam Abu Dawud dan Imam Tirmidzi. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang mengatakan ‘Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). 


Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya” (HR.Abu Daud & Tirmidzi).


2. Doa Menghindari Bencana dan Diberi Keselamatan


اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ


Allahumma innii a’uudzubika min zawaali ni’matika, watahawwuli ‘aafiyatika, wafaj-ati niqmatika, wajamii’i sakhotika


Artinya: “Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu”. (HR.Muslim)


Doa ini dapat menghindarkan kita dari bencana alam yang tiba-tiba, seperti gempa, banjir, dan musibah lain yang menjadikan nikmat Allah hilang.


Doa ini juga dapat kita baca sebagai permohonan perlindungan dari murka Allah. Murka yang turun akibat perbuatan maksiat kita. Selain membaca doa tersebut, kita hendaknya selalu melakukan muhasabah bersama, agar tak terjerumus pada perbuatan maksiat yang mendatangkan murka Allah.


Allah berfirman, “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalahdisebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS.Asy Syura: 30).


3. Doa Menghindari Bencana yang Serupa dengan yang Dilihat


Ketika mendengar seseorang atau sekelompok orang terkena musibah, hendaknya kita berdoa agar Allah tidak menimpakan kejadian serupa kepada kita. Kita bisa membaca doa berikut ini:


اَلْـحَمْدُ للهِ الَّذِي عَافَانِي مِـمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِـمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً


Alhamdulillahilladzii ‘aafaanii mimmaabtalaaka biji wafadhlanii ‘alaa ka-tsiirin mimman kholaqo tafdhiilaa


Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghindarkanku dari musibah yang menimpamu, serta memberikan kelebihan kepadaku atas sekian banyak ciptaan-Nya”.


Doa tersebut berasal dari sebuah hadis. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang menyaksikan orang yang terkena musibah, kemudian mengatakan: Segala puji bagi Allah yang telah menghindarkanku dari musibah yang menimpamu, serta memberikan kelebihan kepadaku atas sekian banyak ciptaan-Nya), niscaya Allah akan menghindarkannya dari musibah tersebut sepanjang hayatnya, walau bagaimanapun keadaannya”. (HR.Tirmidzi & Ibnu Majah)


4. Doa Menghindari Bencana di Suatu Tempat


Ketika mengunjungi suatu tempat, kita juga bisa membaca doa agar terhindar dari bencana selama berada di sana.


أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ


A’uudu bikalimaatillahittammaati min syarri maa kholaqo


Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya”.


Doa ini diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam An Nasa’i. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang singgah di sebuah tempat kemudian ia mengatakan, ‘Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya’, niscaya tidak akan ada yang memudharatkannya”


5. Doa Agar Selalu Diberi Perlindungan oleh Allah


Rasulullah juga mengajarkan doa berupa surat-surat pendek untuk dibaca rutin pada pagi dan sore hari. Beliau bersabda, 


"Bacalah Al Ikhlas dan Mu’awwidzatain (An Naas dan Al Falaq) di waktu sore dan pagi hari tiga kali, niscaya ia mencukupimu dari segala sesuatu” (HR.Abu Dawud dan Tirmidzi). (rad)

×
Berita Terbaru Update