Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Belajarlah Dagang dari yang Sukses, Jangan Puas Jadi Pelengkap

Minggu, 25 Oktober 2020 | Oktober 25, 2020 WIB Last Updated 2020-12-03T07:09:28Z

Teruslah belajar dengan yang sukses, bertanya  sama temen yang senior, ikut grup bisnis. (Foto: Pinterest)

Hallotangsel.com - Temen saya ini, dia memulai dagang, katanya sudah bosen kerja di pabrik. Pengen punya usaha biar bisa lebih santai.


"Emangnya dagang itu santai ya? Kalau pikirmu kayak gitu urungin aja buat dagang. Dagang itu nggak ada kata santai. Yang ada terus bergerak, terus berpikir," komentar saya.


"Saya lihat temen-temen yang jualan itu, kebanyakan santai, jalan-jalan terus dan kayaknya tenang gitu," ucapnya penuh mimpi wkwkwkwkwk.


"Itu sih sangkaan ente saja bro. Aslinya mereka tetap kepikiran dengan bisnisnya. Tetap ngerasain pusing dan was-was. Apalagi sekarang kondisinya nggak menentu. Ya mungkin bedanya mereka terus berjuang, terus berusaha, cuma nggak keliatan aja hahahaha," jawab saya.


"Kamu jualan apa?" tanya saya.


"Ini leh," dia nunjukin produknya.


"Walaupun sudah banyak pemainnya, ya mudah-mudah lancar aja lah, leh. Saya cuma pelengkap saja," kata dia.


"Kenapa pelengkap? Jangan begitulah bro. Jangan pesimis begitu. Ya minimal partner atau mitra mereka yang sudah duluan (senior). Ibarat hidangan, makanan pelengkap itu jarang disentuh, apalagi dimakan hehehe. Orang akan lebih memilih menu utama dibanding makanan pelengkap hehehe," timpalku sembari bercanda.


"Saya juga masih belajar, masih sering tanya-tanya sama temen yang sudah senior. Ikut grup WA tentang bisnis. Mambaca tulisan-tulisan para suhu. Biar nambah semangat lagi," tambah saya.


Dia melongo aja. antara ngerti dan tidak.


Ya sudah saya akhirnya ubah tema obrolan.


Oleh : Ahmad Sholeh, Pedagang Sembako.

×
Berita Terbaru Update