Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dipastikan, 11 Warga Tangerang Positif Terjangkit Chikungunya

Minggu, 18 Oktober 2020 | Oktober 18, 2020 WIB Last Updated 2020-10-19T06:55:34Z

Hasil pemeriksaan tim medis di Desa Medang, warga yang diduga kuat terjangkit wabah chikungunya berjumlah 11 orang. (Foto : thejakartapost.com)

Hallotangsel.com, Tangerang
- Setelah melalui rangkaian pemeriksaan intensif, Pemerintah Kabupaten Tangerang akhirnya merilis jumlah resmi warga yang terjangkit chikungunya.


Dari jumlah awal 50 orang, akhirnya sekarang menjadi 11 orang.


Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, dari hasil pemeriksaan tim medis di Desa Medang, warga yang diduga kuat terjangkit wabah chikungunya berjumlah 11 orang.


Hal itu, kata Zaki, berdasarkan laporan tim medis Puskesmas Pagedangan yang langsung mendatangi sejumlah warga yang diduga terjangkit chikungunya itu.


“Jumlahnya hanya 11 orang,” ungkap Zaki kepada rri.co.id, di Tangerang, Minggu (18/10/2020).


Menurut Zaki, penularan chikungunya tidak semakin meluas, pihaknya pun melakukan pengasapan atau fogging di permukiman warga Desa Medang, Kecamatan Pagedangan.


“Warga yang diduga terjangkit chikungunya diperiksa kesehatannya, tidak hanya melihat kondisi kesehatan, tim medis pun mengambil sampel darah, guna memastikan positif atau tidaknya warga terkena chikungunya,” paparnya.


Diberitakan sebelumnya, sebanyak 50 orang warga Desa Medang, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang terjangkit penyakit chikungunya.


Dari jumlah tersebut 11 orang mengalami kelumpuhan.


Penyakit yang berasal dari nyamuk aedes aegypti ini menjangkiti tidak hanya orang dewasa, namun juga anak-anak, justru saat kondisi masyarakat masih dihantui pandemi Covid-19.


Chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus bernama alphavirus yang ditularkan kepada manusia melalui nyamuk.


Selain merasakan demam, nyeri sendi dan sakit kepala, warga yang terjangkit penyakit chikungunya ini juga mengalami kelumpuhan sementara.


Ketua RW setempat, Bahrum, mengatakan, warganya banyak yang terjangkit penyakit chikungunya dari satu keluarga terdapat dua sampai tiga orang yang terjangkit. 


“Jumlahnya mencapi 50 orang, tidak hanya dewasa tapi juga anak-anak,” ungkapnya kepada rri.co.id, di Tangerang, Minggu (18/10/2020).


Warga yang terjangkit, sambung Bahrum, sudah diperiksa dan diberikan penangan medis oleh Puskesmas.


“Ada juga yang mengalami kelumpuhan akibat terkena chikungunya,” imbuhnya. (rad)

×
Berita Terbaru Update