Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tangsel Diklaim Bersih dari Limbah Radiasi Nuklir

Jumat, 23 Oktober 2020 | Oktober 23, 2020 WIB Last Updated 2020-12-02T08:47:03Z

 

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. (Foto: Airinrachmidiany.com)

Hallotasik.com, Tangerang Selatan
 - Warga Kota Tangerang Selatan, Banten dapat bersorak gembira. Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang PS Brodjonegoro mengatakan Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan di Provinsi Banten telah bebas dari radiasi limbah radioaktif Cesium 137.


Pernyataan deklarasi status clearance tersebut disampaikan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) disaksikan oleh Bambang dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.


"Hari ini Alhamdulillah kita sudah bisa menyatakan wilayah Perumahan Batan Indah sudah clear dari segala dampak yang ditimbulkan oleh limbah radioaktif," ujarnya kepada rri.co.id di gedung Puspiptek, Jalan Raya Puspiptek, Kota Tangerang Selatan, Kamis (22/10/2020).


Dengan berbagai upaya dekontaminasi dan remediasi dilakukan Tim Gabungan Batan dan Bapeten.


"Kondisi normal sekarang juga karena pengukuran laju dosis radiasi gamma telah dilakukan, pada Rabu (7/10/2020)," kata Bambang.


Paparan radiasi tinggi awalnya ditemukan oleh Bapeten saat melakukan pemantauan radiasi secara berkeliling (mobile, pada 30 Januari-31 Januari 2020 di lingkungan Jabodetabek.


Itu meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indan dan Stasiun Kereta Api Serpong.


Diketahui, warga sekitar komplek Puspiptek dan Batan, Kota Tangerang Selatan merasa ketakutan dengan adanya limbah radioaktif atau radiasi nuklis dilingkungan mereka.


Namun pemerintah melakukan upaya clean-up, dan juga melakukan pengambilan sampel vegetasi, air tanah, dan pemeriksaan Whole Body Counting (WBC) terhadap beberapa warga di sekitar lokasi. (rad)

×
Berita Terbaru Update