Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Fokus Saling Tolong Menolong Saja

Selasa, 03 November 2020 | November 03, 2020 WIB Last Updated 2020-12-03T07:09:24Z

Jadikan Pelanggan atau pedagang rekan partner kita,dan sebisa mungkin saling membantu, saling tolong-menolong. (Foto: myogaasmara.blogspot.com)

Hallotangsel.com
- Malam ini, ada temenku main ke warung. Dia mau ngajak saya ngobrol.


Dia tanya, "leh ada temenku nasehatin saya. katanya jangan dagang nanti banyak musuhnya, bener nggak leh?"


Saya tanya balik dia, "Profesi temanmu itu apa?" 


"Ya pedagang. Kayak kamu lah," jawabnya 


"Ohh..." 


"Gimana leh bener nggak?" dia meminta saya berkomentar.. padahal saya lagi fokus benahi paket internet kartu XL ku yang lagi diperbaiki.


"Ya begitu. Itu kenyataan. Tapi ya nggak semua sih. Banyak kok dapat teman baiknya," jawab saya sekenanya sambil mengutak-atik pengaturan dilayar handphone.


"Kok bisa begitu?" tanyanya dengan raut muka bingung.


Karena dia terus saja memaksa dengan pertanyaannya. Maka saya coba jelaskan, "gini bro dengan berdagang kamu akan belajar dan akan tahu karakter pelangganmu dan supliermu. Mana yang jujur, mana yang pelit, mana yang suka berjanji, mana yang takut hutang, mana yang nggak peduli bayar hutang, mana yang kalau sedekah gede tapi kalau transaksi jual beli nawarnya minta ampun parahnya, mana yang orangnya kalem tapi pendengki, mana yang orangnya diem tapi pendendam jika nggak dikasih barang, mana yang suka berterima kasih, mana yang memanfaatkan, mana yang apa adanya tapi cenderung tunai kalo transaksi, dan lain sebagainya. Dan itu tentu sangat seru. Semua bisa menjadi kawan dan musuh, itu bergantung kamu menyikapi dan mengelolanya," begitu kira-kira penjelasan saya.


"Oh.." dia mengangguk-angguk tanda mulai paham.


"Maka lebih baik fokuskan saja melayani mereka dengan baik. Hormati pelanggan kamu. Tetap berbaik hati namun juga jaga diri. Kalau sekiranya merugikan. Hindari," tambah saya sembari terus berusaha menelpon layanan 123#7 yang nggak nyambung-nyambung.


"Jadi intinya sih ada didiri kitanya ya. Harus berpikir positif baik ke langgan maupun ke pedagang lainnya. Nggak mudah iri atau dengki ke temen sesama pedagang." Simpulnya


"Iya jadikan mereka rekan partner kita, dan sebisa mungkin saling membantu, saling tolong-menolong," ucapku padanya.


"Iya leh. Bismillah," kata dia.

Oleh : Ahmad Sholeh, Pedagang Sembako.

×
Berita Terbaru Update